You are currently viewing The Creative Mind Behind Marketing Strategies

The Creative Mind Behind Marketing Strategies

Institut Bisnis Nusantara program Internasional (GS FAME Institute of Business) sukses menyelenggarakan webinar dengan tema “The Creative Mind Behind Marketing Strategies” pada Selasa (15/2/2022) pukul 15.00 hingga 16.30 WIB.

Acara webinar ini merupakan webinar kedua yang diadakan oleh GS FAME Institute of Business sejak awal tahun 2022 dengan tujuan memperkenalkan Institusi kepada publik dan memberi pencerahan ke masyarakat mengenai dunia bisnis.

Sebelum acara dibuka, Rektor IBN Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA mengapresiasi acara dan berpesan kepada seluruh peserta untuk mau secara terbuka menyerap segala ilmu yang diberikan melalui webinar.

“Anak muda zaman sekarang banyak yang menjadi sultan-sultan muda yang membuat kita terkagum-kagum. Ini membuktikan bahwa strategi marketing sangat menentukan. Mari kita belajar bersama dari narasumber yang sukses di bidang bisnis yang ditekuninya pada webinar hari ini,” ujarnya.

Ia juga menawarkan kepada peserta yang tertarik mendalami bisnis dapat bergabung di Institut Bisnis Nusantara baik di program Nasional maupun di program Internasional yang dikenal dengan GS FAME Institute of Business.

“Jika ada yang tertarik di dunia bisnis di GS FAME atau IBN, kami menawarkan untuk menuntut ilmu guna membekali Anda menjadi pelaku bisnis yang handal. Silahkan mendaftar dan manfaatkan program beasiswa yang disediakan,” ungkapnya.  

Rektor IBN Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA 

Sebelum narasumber membagikan pengalamannya, peserta disuguhi profil singkat mengenai GS FAME Internasional dan keuntungan diperoleh peserta didik jika mengambil program ini.

Beberapa keunggulan program ini dibandingkan Institusi yang lain adalah seluruh materi pembelajaran menggunakan bahasa Inggris, peserta didik dapat lulus dalam waktu 3 tahun dengan dua gelar sekaligus yakni gelar internasional Bachelor of Science in Business Administration (BSBA) dan gelar nasional Sarjana Ekonomi (SE) dan terdapat ragam beasiswa pendidikan yang meringankan biaya pendidikan. 

Program GS FAME (IBN Internasional) 

Kemudian, acara diisi oleh pemateri yang merupakan alumnus GS FAME tahun 2016, Paula Anselmi. Ia sukses dalam karir bisnisnya di bidang fashion dan membagikan pengalaman jatuh bangunnya dalam merintis usaha di bidang fashion khususnya tanktop sejak awal berdiri kepada kurang lebih 200 peserta yang hadir.

“Awalnya, aku memilih terjun ke dunia bisnis karena memang aku menyukai terlebih dahulu bidang yang akan aku seriusi untuk dikembangkan di dalam bisnis ini. Karena aku suka mengenakan tanktop dan selalu rutin membelinya maka aku mulai berpikir untuk mulai memasarkannya juga,” ujar Paula.

Ide untuk mulai memasarkan tanktop mulai ditekuni secara bertahap. Pada saat itu, Paula memulai untuk berjualan dalam skala kecil dan memulai dari hal yang sangat dasar dengan langkah sederhana.

“Aku belajar sendiri secara keseluruhan. Aku mulai menggunakan produk tanktop yang aku sukai, menawarkannya ke teman dan kenalan dekat dan ternyata segmentasi yang awalnya aku pikir hanya untuk anak muda bisa berkembang ke segmentasi khalayak yang lebih besar yaitu orang tua. Bahkan, ada juga usia manula yang merasa nyaman dan cocok menggunakan produk tanktopku,” ujarnya.

Berbekal dukungan dari lingkungan sekitarnya, Paula mulai konsisten untuk terjun secara serius ke dalam bisnis yang ia sukai.

“Semua hal aku kerjakan sendiri, mulai dari desain, mencari pabrik yang cocok sesuai budget dan kecocokanku, memasarkannya melalui media social yang juga baru bagiku hingga akhirnya membangun manajemen pemasaran yang benar-benar efektif dan bisa menambah jumlah karyawanku,” ujarnya.  

CEO of BAREKURVE, PT Kurve Mode Internasional ini berpesan kepada seluruh peserta untuk berani mencoba dan berusaha konsisten menjalani pilihan bisnis yang sudah diniatkan.

“Dari awal aku sudah memulai bisnis sendiri dari nol. Intinya kita harus suka dulu, mau mencoba hal baru secara langsung di lapangan dan berusaha konsisten melakukannya apapun yang terjadi. Seluruh pengalaman yang aku dapat itu menjadi bekal yang sangat berharga  dan memperkayaku,” tambahnya.  

Paula menginspirasi peserta untuk mencoba seluruh cara pemasaran di semua media social melalui praktek nyata dan mencoba membangun konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari sesuai dengan segmentasi khalayak yang disasar.

“Cerita aja dengan konsumen kita tentang apa yang kita alami yang ada kaitannya dengan produk bisnis kita. Bagi mereka yang suka akan menjadi konsumen kita dan bagi yang tidak akan mencari pasarnya sendiri. Nah, jaga konsumen kita dengan tetap berkomunikasi dengan mereka secara rutin,” ujarnya.

CEO of BAREKURVE, PT Kurve Mode Internasional, Paula Anselmi

Paula juga menekankan pentingnya untuk membangun komunitas untuk mendukung bisnis yang ia miliki.

“Komunitas sangat penting bagi produk kita kedepannya. Seperti saya memiliki komunitas untuk produk saya yakni Kurve. Biarkan mereka yang bercerita kepada sesame mereka tentang produk kita dan strategi ini akan efektif dalam memperluas pasar kita,” tuturnya.

Supervisor Humas dan Admisi GS FAME, Bu Megah Ria sebagai moderator mengapresiasi pembicara dan peserta yang terlibat dalam acara. 

“Acara ini direspon dengan sangat positif oleh peserta sehingga ada banyak pertanyaan yang diajukan. Semoga acara ini bisa tetap terlaksana sehingga masyarakat secara umum dapat tercerahkan dengan ilmu yang sudah dibagikan oleh narasumber yang difasilitasi oleh GS Fame,” ujarnya.

Bu Megah juga berharap peserta yang memiliki adik, teman dan kenalan bisa menyampaikan program GS FAME Internasional dan bisa ambil bagian dalam pengembangan program di masa mendatang. 

Supervisor Humas dan Admisi GS FAME, Megah Ria