You are currently viewing Grow Your Market With Digital Marketing

Grow Your Market With Digital Marketing

Unit Pengembangan Bisnis (UPB) Institut Bisnis Nusantara (IBN) sukses selenggarakan webinar dengan tema “Grow Your Market With Digital Marketing” pada Sabtu (31/7/2022) pukul 10.00 hingga 12.30 WIB.

Webinar dipandu oleh mahasiswa IBN, Farid Yuhardi dan diselenggarakan dalam rangka menumbuhkan, melatih dan mengembangkan skill pesertanya agar mampu memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pemasaran di era digital.

Sebelum webinar dimulai, Rektor IBN, Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA, memberikan apresiasi pada seluruh panitia penyelenggara webinar dan pembicara yang memberikan materi yang dibutuhkan dalam era digital.

“Kita mengharapkan anak muda mempercepat dan mengembangkan langkah, melebarkan sayap membangun bisnis dan membangun mimpi. Selamat para peserta, mari kita dengarkan bagaimana memanfaatkan era ini dengan cepat dan kita bersaing menangkap peluang dan bergerak bersama-sama. Digital membantu kita mencampai cita-cita dengan bersama melakukan kegiatan positif,” ujarnya. 

Rektor IBN, Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA, 

Senada Bu Christin, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi IBN, Bapak Wahyu Wary Pintoko, S.PT,M.Si mengapresiasi hal serupa.

“Dalam semua lini sejarah, perubahan tetap harus terjadi, tinggal kita yang mau berubah atau tidak. Selamat mengikuti seminar. Semoga pembicara bisa memberikan masukan yang positif tentang pengetahuan digital yang dibutuhkan,” ujarnya. 

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi IBN, Bapak Wahyu Wary Pintoko, S.PT,M.Si 

Kemudian, Ketua UPB Maasyithah Hutagalung, S.Sos., M.Si berharap seluruh peserta yang merupakan mahasiswa IBN maupun non IBN mampu mengikuti rangkaian seminar yang akan diadakan oleh UPB di masa yang akan datang.

“Semoga webinar ini menjawab gap antara pebisnis dan teknologi digital. Seandainya rekan-rekan mau menjadi pebisnis handal maka dapat mengikuti juga webinar berikutnya yang lebih mendalami aplikasi dan konten tentang bisnis,” ujarnya.

Ketua UPB Maasyithah Hutagalung, S.Sos., M.Si 

Adapun pembicara yang diundang dalam webinar ini adalah Chief Executive Officer at Haltev IT Learning Center Abdul Halim Wibowo dan Podcaster of “Podcast Bercanda” with 2M Viewers at Spotify Anjas Randy.

Keduanya berfokus membahas cara kerja mesin pencarian untuk mendeteksi produk barang maupun jasa dengan menggunakan kemampuan digital. 

Sebagai pembicara perdana, Mas Halim memaparkan tentang berbagai contoh digital marketing mulai dari Website, SEO, Content Marketing Social Media Marketing, Online Advertising, Email Marketing, Pay Per Click, Native Advertising, Affiliate Marketing, dan Video Marketing.

“Kerjaan SEO ini lebih teknis dan lebih butuh banyak mikir, On Page SEO ini mengoptimalkan halaman website agar bisa masuk perangkat teratas google.

Jadi biasanya cara menggunakan SEO ini adalah menggunakan kata kunci yang memang viral, sedang dicari orang dan sedang populer berdasarkan riset.

“Misalnya tas lokal apa? Terdekat, terbagus, termurah, terdekat atau yang mana,” ujarnya

Ia juga memaparkan beberapa langkah taktis yang bisa dipraktikkan oleh peserta agar mampu mencapai pasar yang lebih luas demi meningkatkan penjualan khususnya bagi pebisnis pemula.

“Kalau mau marketing, coba Anda lihat dulu produknya apa. Misalnya saya mau menjual baju, ya buat dulu tokonya. Kalau mau jualan di toko online, pastikan punya rumahnya dulu,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Mas Halim mengaitkan dengan cara kerja mesin pencaharian.

“Biasanya marketing lebih ke arah search engine, misalnya mau jualan ‘baju kemeja’ ya pastikan apa spesifikasinya jika dicari di mesin pencarian di internet. Lalu lihat ke sosial media marketingnya kemudian kira-kira bisa gabung sama brand apa saja dikemudian hari,” ujarnya. 

Chief Executive Officer at Haltev IT Learning Center Abdul Halim Wibowo 

Pembicara kedua, Mas Anjas menambahkan tentang digital marketing yang terdiri dari 3 jenis yakni Owned yakni milik pribadi seperti media sosial pribadi, Paid yakni media berbayar dan Earned digital yakni channel rekomendasi. 

“Jangan tertipu jika ada satu produk yang kalian cari di mesin pencarian muncul di paling perdana, belum tentu itu yang asli karena bisa jadi dia berada di urutan perdana karena mereka menang di bayarannya. Kalau kalian mencari informasi tentang sesuatu perhatikan apakah phising atau tidak. Jika phising maka bisa berbahaya,” ujarnya.

Ia juga menyarankan walaupun sudah menggunakan teknologi digital dalam pemasaran sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis dan pelanggan. Hal itu dapat diupayakan melalui media sosial. Di sisi lain, penting untuk meningkatkan konten demi membangun awarness.

“Jadi, kita bisa buat infografik yang sekarang lagi trend dan ikuti apa yang diinginkan pasar. Ikuti pasar!,” tambahnya.

Podcaster of “Podcast Bercanda” with 2M Viewers at Spotify Anjas Randy

Di samping membangun Awarness, ada beberapa hal yang harus ditingkatkan yakni Consideration, Conversion dan Loyality.  

“Kalau kalian punya brand dan orang-orang sudah banyak yang membeli dan mereview, nah kalian harus jaga itu. Loyal sama pelanggan karena ini akan menjadi pasar yang murah bagi Anda untuk dikembangkan,” ujarnya.

Ia juga berpesan bahwa tidak perlu khawatir untuk meningkatkan harga suatu produk atau jasa jika memang ingin memperluas pasar.

“Kalau sudah banyak yang membeli produk atau jasa Anda, jangan takut meningkatkan harganya karena jika Anda memiliki loyal costumer maka mereka tetap akan membeli produk kita,” pungkasnya.