You are currently viewing Webinar Marcomm Talk

Webinar Marcomm Talk

Dalam rangka Praktikum Komunikasi Pemasaran, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Institut Bisnis Nusantara (IBN) jurusan Marketing Communication sukses mengadakan Webinar Marcomm Talk dengan topik “How to Create Strategy Marketing Content in Social Media” pada Sabtu (29 Januari 2022) pukul 10.00 hingga 13.00 WIB.

 

Acara webinar ini diikuti oleh 150 peserta. Adapun pembicara pada webinar ini adalah para pakar di bidang pemasaran digital yakni CEO of DigiTiket Rizqi Mulyantara HS dan Manager at Westwork Academy Gezha Al Banna.

 

Sebelum acara dimulai, Rektor IBN Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA memberikan apresiasi kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi IBN jurusan Marketing Communication dan kepada dosen  Ilmu  Komunikasi pengampu Marketing Communication,  Maasyithah Hutagalung, S.Sos., M.Si yang sukses menyelenggarakan acara Webinar. 

 

“Suatu kebanggaan yang luar biasa bagi kampus bahwa sebuah mata kuliah dapat diarahkan ke webinar dengan topik yang menarik seperti ini dan terbuka untuk umum. Terima kasih kepada bu Maasyithah sebagai dosen pengampu mata kuliah ini dan mahasiswa yang dengan susah payah menyelenggarakan acara ini,” ujarnya.

 

Bu Christiningrum berharap kreatifitas berbasis teknologi dapat lebih dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman demi kemajuan bangsa.

Rektor IBN Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA 

Senada, Bu Christiningrum, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi IBN Wahyu Wary Pintoko, S.PT, M.Si memberikan apresiasi serupa. Pak Warry berharap karya-karya yang dihasilkan mahasiswa Ilmu Komunikasi dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat salah satunya dengan mengadakan webinar ini.  

 

Pada pemaparan materinya, Narasumber pertama Rizqi Mulyantara HS menyadarkan generasi millennial untuk melek digital dan memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat untuk berkembang, khususnya di bidang pemasaran.

 

“Sekarang sebagian besar transaksi dilakukan secara digital. Sekarang juga banyak yang menggunakan visual search dan lebih dari 41% bisnis sudah memanfaatkan Artificial Interllligence (AI) di dalam proses bisnisnya. Kita harus manfaatkan peluang itu,” ujarnya. 

CEO of DigiTiket Rizqi Mulyantara HS 

Rizqi berbagi ilmunya terkait cara menghadirkan kampanye produk yang menarik dan ketika dicari oleh produsen bisa tepat sasaran dan tidak lari ke mesin pencaharian produk pesaingnya.

 

“Maka, mahasiswa harus punya kemampuan Digital Strategist memikirkan dan mengkonsep ide untuk digital campaign secara keseluruhan. Tantangannya adalah berusaha menghasilkan produk yang kreatif yang bisa mengalahkan produk pesaing kita,” ujarnya.

 

Pada pemaparan materinya selanjutnya, Narasumber kedua Manager at Westwork Academy Gezha Al Banna menekankan hal serupa. Ia menyadarkan peserta webinar untuk melek digital dan memanfaatkan seluruh bakat yang dimiliki secara maksimal dengan menggunakan media digital.

 

“Dalam dunia digital, keunikan produk dan kegigihan dalam menjalankan usaha adalah kunci sukses. Coba cari apa yang mau kamu pasarkan atau bakat apa yang mau ditunjukkan. Percuma kalau bisa masak namun hanya berhenti di dapur kamu saja. Jual! Pasarkan! Gunakan media sosialmu,” ujarnya. 

 

Gezha juga menekankan bahwa pengaturan penggunaan Algoritma sangat perlu dipertimbangkan dan ditingkatkan guna mendorong kesuksesan penjualan.

 

“Dalam sebuah konten, pikirkan cara untuk meningkatkan algoritma yakni dengan cara mempertimbangkan beberapa hal seperti Click dan stop Scroll, Action, Time spent dan Engagement. Semuanya harus diperhatikan,” ujarnya.  

Manager at Westwork Academy Gezha Al Banna 

Gezha juga menekankan bahwa kunci kesuksesan berbisnis menggunakan teknologi digital adalah kerja keras dan kerja cerdas.

 

“Kalau kita memiliki akun bisnis, misalnya di media sosial Instagram, pikirkan nama yang mudah diingat dan punya kemungkinan untuk viral. Carilah nama unik,” ujarnya.

 

Gezah menghimbau mahasiswa untuk maksimal memanfaatkan segala peluang yang ada di era yang serba digital.

 

“Kalau kita hanya mengandalkan satu perkerjaan kita tidak akan bertahan di era yang semakin global ini. Jadi, asah semua bakat dan kemampuanmu dan padukan dengan teknologi yang tersedia,” ujarnya.  

Dosen  Ilmu  Komunikasi pengampu mata kuliah Marketing Communication,  Maasyithah Hutagalung, S.Sos., M.Si 

Dosen  Ilmu  Komunikasi pengampu mata kuliah Marketing Communication,  Maasyithah Hutagalung, S.Sos., M.Si mengapresiasi kedua narasumber yang bersedia secara komunikatif membagikan ilmunya di bidang pemasaran digital kepada peserta webinar.

 

“Terima kasih kepada dua narasumber yang menyampaikan materi yang sangat lengkap dan mendalam baik secara teori maupun praktis. Semoga ilmu yang sudah diberikan dalam webinar ini berguna, dan bermanfaat untuk semua terutama bagi mahasiswa-mahasiswa MarComm sebagai salah satu referensi menjadi good digital Marketing Communication,” ujarnya.

 

Bu Maasyithah juga mengapresiasi dukungan diberikan oleh semua pihak sehingga semua acara berjalan dengan lancar dan efektif.

 

“Terima kasih atas apresiasi yang baik, positif, dan suportif dari bu Rektor, dan semua rekan-rekan. Semoga IBN lebih Maju!” pungkasnya.

Peserta Webinar Marcomm Talk