You are currently viewing Journalist The Explorer MATA IBN

Journalist The Explorer MATA IBN

UKM Jurnalistik Mata Institut Bisnis Nusantara, mengunjungi NET TV dan Harian Kompas sebagai bagian dari rangkaian acara JTE (Journalist The Explorer) pada Kamis (11/01/2024).

JTE merupakan program kerja Mata IBN yang bertujuan untuk mengenalkan dunia jurnalistik dan penyiaran kepada mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.

Mengusung tema “Exploring The Art of Journalism: Media and Creative Insight Tour”, Nanda Naisya Puteri selaku Ketua Pelaksana JTE menyatakan bahwa tema tersebut diusung dengan harapan akan memperkenalkan jurnalistik dalam perspektif media digital dan kreatif.

Ia juga memaparkan motivasinya dalam mengusung tema tersebut.

“Alasan MATA IBN mengangkat tema tersebut ya tentunya ingin membawa mahasiswa di luar UKM Jurnalistik lebih mengenal apa sih jurnalistik itu? Seperti apa dunia televisi atau media cetak” ujar Nanda pada Kamis (11/01/2024).

Dokumentasi sebelum keberangkatan bersama Pembina Mata IBN, Arta Elisabeth Purba, S.Ikom.,M.I.Kom

Acara diawali dengan sambutan oleh Arta Elisabeth Purba, S.Ikom., M.I.Kom selaku pembina Mata IBN.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan ke Harian Kompas yang berlokasi di Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat.
Kegiatan dipandu oleh Caroline Carol selaku Digital Partnership and Collaboration Harian Kompas.

Dalam kegiatan kunjungan ke Harian Kompas, peserta JTE berkesempatan untuk mengetahui proses kerja, sejarah, dan produk jurnalistik Harian Kompas dari masa ke masa, juga office tour yang dipandu oleh karyawan Harian Kompas.

Penyerahan plakat kepada pihak Harian Kompas

Dalam kunjungan ke NET TV, para peserta JTE mengobservasi studio yang menjadi tempat proses rekaman beberapa program unggulan NET TV, salah satunya ini Talkshow.

Dipandu oleh Alif Salim dan Prinanda Rahmadanti selaku Public Relation NET TV, para peserta juga berkesempatan untuk mengetahui set up studio program baru NET TV yang belum resmi dipublikasi.

Acara diakhiri dengan para peserta JTE menjadi audiens dalam program Main Hakim Sendiri. Dibintangi oleh Deddy Mahendra Destra, Tora Sudiro, Jessica Iskandar, dan Indra Gunawan, aksi panggung mereka sukses mengundang tawa peserta.

Office Tour di Harian Kompas (melihat koran produksi Harian Kompas)

Program kerja JTE mendapat respon yang baik dari para peserta, Erza Damayanti selaku peserta JTE menyatakan bahwa ia mendapat ilmu dan pengalaman baru “Seru, bisa jalan-jalan sambil explore ke Kompas dan NET TV terus liat-liat arsip koran Kompas dari tahun 1965 itu menarik banget sih, terus seneng banget juga bisa nonton tappingan sekaligus jadi pemeran cameo di program Main Hakim Sendiri yang jadi pengalaman seru dan bangga. Pokoknya seru selama kegiatan belajar, jalan-jalan dan explore hal baru” ujar Erza. Erza juga berharap agar waktu pelaksanaan JTE kedepannya lebih efektif, mengingat jam selesai acara yang terlalu malam karena durasi rekaman Main Hakim Sendiri yang tidak dapat diprediksi.

Menjadi audiens program NET TV (Main Hakim Sendiri)

Penulis: Gerrard Kevin Suryakusuma & Farrel Juan Liviantony 

Foto: Adristi Sabrina Jasmine