You are currently viewing Abdimas Internasional IBN di Sekolah Indonesia Bangkok

Abdimas Internasional IBN di Sekolah Indonesia Bangkok

Institut Bisnis Nusantara (IBN) sukses melaksanakan Pengabdian Masyarakat ke Sekolah Indonesia Bangkok-Thailand secara daring pada Selasa (12/12/2023) pukul 09.00-12.00 WIB.

Adapun peserta dari Abdimas merupakan guru-guru dari tingkat SD hingga SMA dengan tema materi “Menciptakan Kelas yang Menyenangkan”. Abdimas dipandu oleh 2 moderator yakni Bapak Novan Yurindera S.Kom, M.M. dari Prodi Manajemen dan Bapak Albertus Karjono, SE.MM,Ak, CA,COS, CRM dari Prodi Akuntansi.

Bapak Novan Yurindera S.Kom, M.M. Dosen Prodi Manajemen IBN

Bapak Albertus Karjono, SE.MM,Ak, CA,COS, CRM Dosen Prodi Akuntansi IBN

Institut Bisnis Nusantara (IBN) sukses melaksanakan Pengabdian Masyarakat ke Sekolah Indonesia Bangkok-Thailand secara daring pada Selasa (12/12/2023) pukul 09.00-12.00 WIB.

Adapun peserta dari Abdimas merupakan guru-guru dari tingkat SD hingga SMA dengan tema materi “Menciptakan Kelas yang Menyenangkan”.

Pemateri merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi yakni Bapak Wahyu Wary Pintoko, S.PT, M.Si, Ibu Arta Elisabeth Purba, S.I.Kom., M.I.Kom, Ibu Maasyithah Hutagalung, S.Sos., M.Si dan Bapak Radyta Achmad Burhanuddin, M.Si sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing.

Rektor IBN Ibu Dr. M.F.Christiningrum, Ak., CA. 

Sebelum pemaparan materi dimulai, Rektor IBN Ibu Dr. M.F.Christiningrum, Ak., CA. mengapresiasi kegiatan Abdimas yang terlaksana. Menurutnya, kegiatan Abdimas ini merupakan implementasi dari pelaksanaan Tridharma TA Ganjil 2023/2024. Ia mengatakan bahwa IBN sangat terbuka dengan berbagai bentuk kerjasama lanjutan yang dibutuhkan oleh Sekolah Indonesia Bangkok-Thailand di masa mendatang. Ia juga mengapresiasi para pemateri dan para dosen yang terlibat serta peserta dari guru-guru yang antusias.

“Terima kasih atas pembicara yang akan berbagi ilmu dan para moderator serta peserta bapak ibu guru yang meluangkan waktu pada kegiatan Abdimas hari ini. Sukses untuk kita semua dan sukses untuk sekolah Indonesia di Bangkok,” ujarnya.

Kaprodi Komunikasi IBN Bapak Wahyu Wary Pintoko, S.PT, M.Si, 

Pada kesempatan ini Bapak Wahyu Wary Pintoko, S.PT, M.Si, menyampaikan materi tentang Digital Media. Melalui pemaparannya, pak Wary menjelaskan tentang dampak positif dan negatif dari kecanggihan teknologi digital dalam sistem pembelajaran. Ia menyarakan kepada peserta untuk mampu memaksimalkan penggunaan teknologi dalam menyampaikan materi ajar maupun dalam proses pembelajaran sehingga mampu menciptakan kelas yang menyenangkan. Kegiatan yang dilakukan seperti melakukan interaksi, branding diri, memberikan motivasi dan mencari bahan ajar akan lebih mudah diupayakan jika pendidik mampu mengoptimalkan pemanfataan internet.

Dosen Komunikasi IBN Ibu Maasyithah Hutagalung, S.Sos., M.Si 

Pemateri berikutnya Ibu Maasyithah Hutagalung, S.Sos., M.Si menyampaikan materi tentang Public Speaking. Pada kesempatan ini, Bu Maasyithah mengungkapkan tentang cara berkomunikasi yang baik untuk seorang pendidik. Sebagai pendidik, kemampuan public speaking sangat menentukan keberhasilan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Kemampuan menguasai materi ajar dan penyampaiannya mendorong siswa untuk berpestasi. Menurutnya, pendidik perlu menambahkan humor ketika menyampaikan topik pembelajaran sehingga suasana menyenangkan dan berkesan terbentuk.

Sekprodi Komunikasi IBN Ibu Arta Elisabeth Purba, S.I.Kom., M.I.Kom 

Selanjutnya, Ibu Arta Elisabeth Purba, S.I.Kom., M.I.Kom sebagai pembicara ketiga menyampaikan tentang Belajar yang menyenangkan melalui Komunikasi Interpersonal. Menurutnya, kemampuan komunikasi interpersonal pendidik penting untuk dilatih dan ditingkatkan karena akan memberikan beraneka hal positif untuk pendidik maupun peserta didiknya. Komunikasi interpersonal yang dilakukan pendidik wajib mengacu pada 5 hal penting yakni opennes, emphaty, supportiveness, positiveness, equality. Menurutnya hal tersebut perlu didukung dengan kemampuan komunikasi verbal maupun nonverbal pendidik sehingga siswa mampu terbuka menerima didikan dan merasa senang dalam proses pembelajaran.

Dosen Komunikasi IBN Bapak Radyta Achmad Burhanuddin, M.Si

Guru Sekolah Indonesia Bangkok Ibu Agustina Rahmawati memberikan pertanyaan

Wakasek Kurikulum Sekolah Indonesia Bangkok- Thailand Bapak Auliyaz Ibrahim 

Wakasek Kurikulum Sekolah Indonesia Bangkok- Thailand Bapak Auliyaz Ibrahim selaku tuan rumah yang hadir dalam Abdimas ini mengapresiasi pihak penyelenggara dan para guru yang terlibat. Ia berharap kerjasama ini dapat meningkatkan kompetensi para guru di Sekolah Indonesia Bangkok sehingga mampu melahirkan siswa-siswi yang berkualitas. Hal ini, menurutnya telah sejalan dengan visi dan misi KBRI Bangkok yang selalu mendorong para guru untuk mengikuti berbagai pelatihan demi peningkatan kapasitas sebagai pendidik.

Seluruh peserta Abdimas Sekolah Indonesia Bangkok