You are currently viewing Basic Content Writing dan Media Sosial

Basic Content Writing dan Media Sosial

Unit Pengembangan Bisnis (UPB) Institut Bisnis Nusantara (IBN) sukses mengadakan Online Workshop sesi pertama dengan tema “Basic Content Writing dan Media Sosial” pada Sabtu 11 Desember 2021 pukul 10.00 WIB hingga 11.30 WIB. 

Ini merupakan salah satu rangkaian acara dari tema besar “Coretan Kreatif dan Produktif di Media Sosial” yang rencananya akan berlangsung sebanyak 2 sesi yakni pada tanggal 11 Desember dan 18 Desember 2021 pada waktu dan durasi yang sama.  

Pembicara yang dihadirkan merupakan penulis berbakat Maeya Zee dan Andris Wisatha Aries Putera. Namun dalam sesi pertama, materi Workshop akan diberikan oleh Andris Wisatha Aries Putera (disapa Aries) yang sudah memiliki banyak pengalaman di dunia digital; Digital Strategist, Communication Stategist, Account Executive, Project Manajer dan Content Writer untuk beberapa produk dan jasa brand ternama. 

Pembicara Sesi Pertama: Andris Wisatha Aries Putera

Pembicara Sesi Kedua Maeya Zee

Dosen Ilmu Komunikasi IBN sebagai host dalam sesi pertama, Kurnia Fitri

Kurnia Fitri, dosen Ilmu Komunikasi IBN sebagai host dalam sesi ini mengajak peserta untuk menggali sebanyak-banyaknya informasi dari Aries.

Ada 36 peserta dari latar belakang beragam yang berpartisipasi aktif mengikuti sesi Workshop dari awal acara hingga selesai.

Aries berhasil mengundang antusias peserta dengan beberapa poin sederhana yang dapat dilakukan secara nyata oleh peserta.

“Bagi Anda yang tidak suka menulis, Anda dapat mulai menulis dari kegiatan sederhana yang disukai. So Simple,” ujarnya. 

Hal sederhana menurutnya perlu dikreasikan secara konsisten di dalam sebuah media yang bisa diakses publik sehingga memiliki pasar yang diinginkan. 

“Dulu, saya memiliki rasa takut. Kemudian saya catat rasa takut yang saya alami, saya tuangkan ke dalam tulisan dan saya berusaha untuk mengelolahnya menjadi sesuatu yang memiliki kekuatan. Ternyata, ini jalan saya diterima di Mindtera” ujarnya.

Aries menekankan bahwa peserta juga dapat mengikuti jejaknya dengan memberikan daya tarik kepada market yang dituju dan berfokus pada kekuatan pada “kata pertama”. Jika di dalam sebuah kalimat sudah memiliki kekuatan pada kata pertama, maka menurutnya orang yang menyukai tulisan itu akan secara otomatis meneruskannya kepada yang lain. Demikianlah cara menciptakan pasar.

“Intinya tulis aja dulu. Kalau Anda saja suka dengan tulisan Anda, yakinlah pasti orang lain juga suka, demikian sebaliknya, kalau Anda saja tidak suka dengan tulisan Anda, ya apalagi orang lain,” tambahnya. 

Aries juga menampilkan beberapa contoh hasil karyanya berupa tulisan kreatif yang digunakan oleh beberapa Brand produk dan jasa ternama. Pada pertengahan sesi, peserta dilatih untuk membuat satu kata yang sederhana, bodoh, menarik dan menjual tentang kata yang berisi ajakan berdonasi bagi anak-anak kekurangan gizi tanpa harus menyertakan kata “mari berdonasi”. Ada beberapa contoh kreatif yang mampu dihasilkan peserta sesuai dengan bahasa kekinian. 

Pada akhir sesi, Aries menekankan beberapa poin penting yang bisa dilakukan oleh peserta setelah mengikuti sesi Workshop singkat ini. 

“Jadi, yuk mulai aja dulu. Anda harus inovatif, kreatif dan konsisten. Kalau tiga kata kunci ini Anda lakukan, percayalah saat itu market Anda telah ada. Jadi tidak perlu menyenangkan semua orang,” pungkasnya.  

Peserta Online Workshop sesi pertama dengan tema “Basic Content Writing dan Media Sosial”