You are currently viewing Abdimas IBN Hari Ketiga Bagi Pelaku UMKM

Abdimas IBN Hari Ketiga Bagi Pelaku UMKM

Institut Bisnis Nusantara (IBN) sukses melaksanakan rangkaian Webinar untuk melatih dan membekali para peserta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar sukses di dunia bisnis pada hari ketiga, Rabu (26 Januari 2022) pada 13.00 WIB.

 

Tema yang diangkat pada hari ketiga ini adalah “Strategi Pemasaran Online Bagi UMKM, Estetika Foto Produk Untuk Onine Marketing dan Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris Dalam Memperkenalkan Usaha.”

 

Rangkaian webinar ini merupakan hasil kerjasama dengan Sudin Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil & Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur yang dilaksanakan mulai dari 24 hingga 28 Januari 2022 pada pukul 13.00 WIB hingga selesai melalui Zoom meeting.

 

Sebelum pemberian materi, Rektor IBN Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA menyambut peserta UMKM dan memberikan apresiasi kepada Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur yang secara terbuka sudah menjalin kerjasama sejak tahun lalu.

 

Bu Christiningrum juga mengapresiasi dosen-dosen IBN yang secara sukarela membagikan ilmunya kepada masyarakat sebagai bentuk perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian Masyarakat sekaligus mengajak peserta untuk melanjutkan pendidikan putera puteri mereka di bidang bisnis dengan memanfaatkan beragam program Beasiswa dari IBN.

Rektor IBN Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA 

Narasumber yang diundang pada hari ketiga ini adalah Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IBN Novan Yurindera, S.Kom, MM, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi IBN Wahyu Wary Pintoko, S.PT, M.Si dan Ketua Prodi Bahasa Inggris Dewi Nuryanti, S.Hum., M.Hum. 

 

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IBN Novan Yurindera, S.Kom, MM, menyampaikan topik mengenai “Strategi Pemasaran Online Bagi UMKM”. Melalui topik ini, Pak Novan menyadarkan masyarakat untuk memulai pemasaran usahanya menggunakan teknologi digital karena perkembangan teknologi yang semakin pesat selalu sejalan dengan perkembangan dunia pemasaran.

 

“Untuk kita para pelaku usaha, mari cepat beradaptasi, kita tinggalkan cara konvensional dan mari beralih ke digital dengan memanfaatkan Google My Business sebagai pemasarannya,” ujarnya.

 

Ia juga menyarankan bagi peserta yang belum memiliki usaha dapat memilih beberapa peran usaha yakni brand owner, distributor atau reseller, drop shipper dan affiliate marketer. 

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IBN Novan Yurindera, S.Kom, MM 

Pembicara selanjutnya adalah Ketua Prodi Ilmu Komunikasi IBN Wahyu Wary Pintoko, S.PT, M.Si dengan materi “Estetika Foto Produk Untuk Onine Marketing”. Melalui materi ini, Pak Wary memberikan cara pandang baru tentang pentingnya peran sebuah foto bagi keberhasilan pemasaran produk usaha di pasaran.

 

“Sebagai seorang wirausaha, kita tidak boleh menganggap remeh foto suatu produk yang akan ditampilkan. Jadi, jangan sembarangan menjepret, jangan sembarangan mengunggahnya. Hal yang perlu kita tekankan adalah selalu memperhatikan nilai keindahan atau estetika foto produk yang akan dipasarkan,”ujarnya.

 

Pak Wary kemudian membagi tips untuk menghasilkan sebuah foto produk yang mampu menarik konsumen hanya dari tampilan fotonya. 

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi IBN Wahyu Wary Pintoko, S.PT, M.Si 

Pembicara terakhir yang melengkapi keseluruhan topik Pengabdian Masyarakat hari ke tiga adalah Ketua Prodi Bahasa Inggris IBN Dewi Nuryanti, S.Hum., M.Hum.   

 

Tema yang disampaikan oleh Bu Dewi adalah “Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris Dalam Memperkenalkan Usaha”

         

Pada kesempatan ini Bu Dewi memaparkan bahwa bahasa Inggris merupakan alat komunikasi internasional yang aksesnya selalu digunakan di dunia maya.

 

Bahasa Inggris menurutnya juga digunakan sebagai alat komunikasi bisnis sehingga akan memudahkan suatu produk dikenal secara internasional.

 

“Jadi, kalau memang ingin lebih mudah memasarkan produk, wajib kuasai bahasa Inggris mulai dari reading, speaking, listening dan writing,” pungkasnya.

Ketua Prodi Bahasa Inggris IBN Dewi Nuryanti, S.Hum., M.Hum.