You are currently viewing Workshop Nasional Strategi Menang Hibah

Workshop Nasional Strategi Menang Hibah

Rektor Institut Bisnis Nusantara (IBN) Ibu Dr. M.F.Christiningrum, Ak., CA., dan Dosen Ilmu Komunikasi IBN Ibu Arta Elisabeth Purba, S.I.Kom., M.I.Kom sukses mengikuti Workshop Nasional Strategi Menang Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kemdikbud Tahun 2024 (Coaching Clinic Proposal) yang dilaksanakan di Auditorium Lantai 8 Universitas Sahid Jakarta Selatan. Kegiatan Coaching Clinic Proposal ini berlangsung selama dua hari Rabu (20/12/2023) dan Kamis (21/12/2023).

Peserta Workshop Nasional Strategi Menang Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat     

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Swasta melalui peningkatan peran Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan juga meningkatkan jumlah dosen yang menyusun proposal memperoleh Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Penyelenggara kegiatan merupakan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah III.

Bapak Prof. Dr. med.vet.drh. Raden Wisnu Nurcahyo. 

Adapun pembicara yang dihadirkan pada hari pertama adalah Bapak Prof. Dr. med.vet.drh. Raden Wisnu Nurcahyo. Bapak Prof. Wisnu memberikan materi tentang strategi penyusunan hibah pengabdian masyarakat. Dalam pemaparannya ia menjelaskan tentang hal-hal pokok yang perlu diperhatikan agar mampu lolos hibah pengabdian masyarakat.

Rektor Institut Bisnis Nusantara (IBN) Ibu Dr. M.F.Christiningrum, Ak., CA., dan Dosen Ilmu Komunikasi IBN Ibu Arta Elisabeth Purba, S.I.Kom., M.I.Kom bersama Bapak Prof. Dr. med.vet.drh. Raden Wisnu Nurcahyo.

Menurutnya selama ini dunia kampus biasanya berfokus untuk memikirkan hal yang kecil tetapi dunia bisnis memikirkan hal yang besar. Oleh karena itu, ia mengajak para dosen dan peneliti yang hadir untuk memikirikan bagaimana kegiatan pelatihan ini mampu mendorong daya kreativitas dalam menentukan judul pengabdian yang memiliki sensasi.

“Jadi harus ada sensasinya pada judul Abdimas yang dipilih. Jangan gunakan proposal yang judulnya sangat kaku atau polos. Sangat disarankan untuk menggunakan gambar, grafik dan warna yang menarik,” ujarnya.

Bapak Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi.,M.Si,C.W.P, C.J.R.R.

Pembicara pada hari kedua adalah Bapak Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi.,M.Si,C.W.P, C.J.R.R. Bapak Prof. Juneman memberikan materi tentang strategi penyusunan hibah penelitian.

Dalam kesempatan ini, Prof Juneman mengajak peserta untuk membedah proposal penelitian yang sudah disubmit. Ia menekankan setiap peserta untuk mampu mencari kebaruan dalam penelitiannya dan menjadikannya sebagai suatu hal yang penting.

“Bapak ibu bisa memulai penelitian dari skema Penelitian Dasar yang terdiri dari Kajian kebijakan strategis, Penelitian Fundamental, dan Penelitian pascasarjana,” ujarnya.

Bapak Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi.,M.Si,C.W.P, C.J.R.R. (tengah) berfoto bersama peserta

Ia juga mengajak peserta untuk mampu membuat ringkasan yang memiliki urgensi dan merupakan karya monumental sehingga mampu lolos memenangkan hibah penelitian.

“Kalau bapak ibu bisa melahirkan karya penelitian yang monumental yakni diakui sejawat yang membidangi dan ada surat tertulis bahwa karya ini adalah karya monumental maka akan sangat besar kemungkinannya lolos untuk mendapatkan hibah penelitian,” pungkasnya. (AEP)

Workshop Nasional Strategi Menang Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat DRTPM Kemdikbud Tahun 2024