You are currently viewing Uji Publik Politeknik Bentara Citra Bangsa

Uji Publik Politeknik Bentara Citra Bangsa

Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Institut Bisnis Nusantara (IBN) sukses menjadi observer eksternal pada Uji Publik Panitia Seleksi (Pansel) PPKS Politeknik Bentara Citra Bangsa (Bentara Campus) yang dilaksanakan secara daring pada Rabu (22/11/2023) pukul 08.30 WIB. Kegiatan ini juga ditayangkan di Youtube melalui link https://youtu.be/kkXpesgMu9Q

Direktur Politeknik Bentara Ibu Dr. Ir. Alice Arianto, MBA, Psy D CGP.

Acara Uji publik Capansel ini dibuka oleh Direktur Politeknik Bentara Ibu Dr. Ir. Alice Arianto, MBA, Psy D CGP. Melalui sambutan yang diberikan, Ibu Alice mengapresiasi kinerja dari panitia kampus dalam menyelenggarakan kegiatan Uji Publik Capansel. Ia berharap melalui kegiatan Uji Publik ini, Bentara Campus dapat segera membentuk Satgas PPKS demi terciptanya kampus yang kondusif dan bersih dari kekerasan seksual. Hal ini, menurutnya sejalan dengan program LLDIKTI Wilayah III yang mendorong usaha percepatan pembentukan kampus demi menjamin keamanan dan kenyamanan seluruh warga kampus dalam menjalankan kegiatan tridharma.

Observer Eksternal Ketua Satgas PPKS IBN Ibu Arta Elisabeth Purba, S.Ikom.,M.I.Kom. 

Adapun observer eksternal pada Uji Publik Bentara Campus adalah Ketua Satgas PPKS IBN Ibu Arta Elisabeth Purba, S.Ikom.,M.I.Kom. dan observer internal Ibu Anastasia Setyaningsih A.S, S.Psi.,M.Psi.

Peserta uji publik terdiri dari 2 mahasiswa yakni Ibu Suzy Mardiana Ticolau dan Gabriela Gouw; 3 Tendik yakni Bapak Eris Setiawan, S.Kom., Ibu Ruth Damaris Susanto, SS. dan Bapak Rico, S.I.P., M.M. dan 3 Orang Dosen yakni Bapak Drs. Oo Harsono, M.Kom., Ibu Kurnia Mega Hapsari, S.Psi., M.Psi dan Ibu Amabella Vanalyssa, M.A.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa anggota Satgas PPKS IBN.

Observer internal Ibu Anastasia Setyaningsih A.S, S.Psi.,M.Psi. 

Tahap uji publik ini merupakan tahap lanjutan dari proses pendaftaran Capansel di laman portal PPKS (https://portalppks.kemdikbud.go.id/login) oleh Admin PPKS di kampus. Keseluruhan Capansel yang didaftarkan pada portal PPKS tersebut wajib menyelesaikan proses pembelajaran dan pelatihan pada Learning Management System (LMS) PPKS. Apabila dinyatakan lolos seleksi pada proses pelatihan ini, maka para Capansel akan maju ke tahap selanjutnya yakni tahap uji publik.

Capansel PPKS Ibu Kurnia Mega Hapsari, S.Psi., M.Psi (Dosen)

Pada uji publik ini, setiap Capansel memaparkan materi yang tersedia pada laman LMS dengan durasi kurang lebih 5 menit. Kemudian, masing-masing Capansel wajib menjawab pertanyaan yang diberikan oleh observer eksternal sesuai dengan topik materi yang dipersentasikan. Di sesi terakhir, Capansel diberikan kesempatan menjawab pertanyaan lemparan dari observer eksternal sebagai penambahan poin untuk nilai rekomendasi akhir.

Selanjutnya, observer internal juga memberikan beberapa pertanyaan kepada masing-masing Capansel terkait hal teknis yang akan dilakukan apabila terpilih menjadi Satgas maupun Pansel.

Capansel PPKS Gabriela Gouw (Mahasiswa) 

Setelah proses uji publik berlangsung maka observer eksternal akan memberikan hasil rekomendasi kepada petinggi kampus sebagai bahan pertimbangan penentuan Pansel PPKS.

Kemudian, Pansel PPKS yang terpilih dalam proses ini akan segera diberikan SKnya oleh petinggi kampus sehingga dapat menjalankan tupoksinya dalam pembentukan Satgas PPKS dan menjalankan upaya pencegahan maupun penanganan berbagai kasus kekerasan seksual yang terjadi di kampus.

Peserta Uji Publik Pansel PPKS Politeknik Bentara Citra Bangsa