Institut Bisnis Nusantara (IBN) sukses menyelenggarakan Rapat Kerja XXII dengan Tema “Peningkatan Mutu Menuju Akreditasi LAM” pada Jumat 25 Maret 2022 mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.
Acara raker ini diawali dengan doa pembuka oleh Bu Elisabeth Sudarmi, SE., MM. selaku Kepala Bagian Personalia dan ketua Raker XXII.
Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Rektor IBN Bu Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA,. Dalam kata sambutanya, Bu Dr. M.F. Christiningrum mengatakan bahwa peraturan yang menyertai akreditasi perguruan tinggi di tahun-tahun mendatang menjadi sangat ketat. Oleh karena itu, peraturan akreditasi wajib diikuti oleh semua kepala program studi dan para dosen.
“Tema kita Menuju Akreditasi LAM yang saat ini sudah akan diberlakukan khususnya untuk program ekonomi yakni akuntansi dan manajemen jadi harus sudah ikut LAMEMBA,” ujarnya.
Menurut Bu Christin, di dalam era VUCA ada empat hal yang perlu diperhatikan yakni volatility, uncertainity, complexity, dan ambiguity.
“Volatility ada pasar tidak stabil. Uncertainty banyak sekali informasi yang menjadi tidak pasti. Complexity artinya persoalan menjadi kompleks dan Ambiguity yakni kondisi yang tidak bisa diprediksikan karena sangat sulit memprediksi. Maka, perlu kelihaian dalam menyikapi VUCA agar kita benar-benar bisa bertahan atau bersaing di era ini,” ujarnya.
Bu Christin memberikan gambaran yang dialami program studi Akuntansi yang mulai mengalami penurunan karena peran akuntan bisa digantikan dengan teknologi. Demikian juga yang dialami oleh bidang yang lainnya. Namun, ia meyakini bahwa di balik setiap ujian akan ada hasil yang nyata yakni membuat orang yang berhasil melaluinya menjadi pintar, jago dan sukses.
“Kalau mau sukses ya harus mau repot. Kita harus bahu-membahu bekerja keras menyikapi segala perubahan ini. Mari berlari mengejarnya jika kita ingin sukses. Mari kita perbaiki diri dan sistemnnya demi cita-cita tulus untuk kesuksesan IBN. Mari kita pikirkan bersama bagaimana kita akan maju” ujarnya.

Rektor IBN Bu Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA,.
Kemudian, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Sekretaris YLPN Pak Jeffry Pringadi Karlim yang mengapresiasi kinerja Tim Raker dan Panitia yang ke-22 yang sudah berupaya mempersiapkan Raker hingga dapat terselenggara dengan baik. Pak Jeffry juga berharap bahwa hasil raker bisa dievaluasi karena berterkaitan dengan perubahan seperti saat ini.
“Situasi sekarang sudah berubah apalagi terkait Covid-19 yang mengubah banyak hal. Semoga kita dapat terus bersama-sama melewati situasi-situasi sulit ke depannya,” ujarnya.
Pak Jeffry juga menyadari bahwa mahasiswa semakin kritis dan jeli dalam melihat produk suatu perguruan tinggi. Produk tersebut saat ini ditentukan oleh rating melalui proses akreditasi. Oleh karena itu, banyak hal-hal penting yang harus dipenuhi.
“Dalam rangka akreditasi ini, kita semua diundang untuk terus melakukan peningkatan dalam menyikapi setiap perubahan yang terjadi. Mari kita berusaha untuk mendapatkan penilaian status akreditasi kampus dari yang berstatus baik menjadi baik sekali. Banyak poin-poin yang harus kita lakukan dengan persaingan saat ini,” tegasnya.

Sekretaris YLPN Pak Jeffry Pringadi Karlim
Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan oleh paparan materi raker oleh perwakilan dari tiap-tiap Tim Raker. Persentasi perdana diawali oleh Tim Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) oleh Pak Novan Yurindera, S.Kom, MM selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IBN.
Kemudian dilanjutkan oleh Tim Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat (LRPM) oleh Pak Nanang Hoesen H. A, ST., M.T.I. selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi dan ketua Bidang Penelitian. Kemudian dilanjutkan Tim Kemahasiswaan oleh Pak Ferdinandus A. Himawan, SE.,MM selaku Wakil Rektor Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Lalu dilanjutkan pemaparan Tim Akademik oleh Bu Evy Roslita, SE., MM selaku Wakil Rektor I, Bidang Akademik.
Setelah itu, dilanjutkan pemaparan dari Tim NCC, TracerStudy, Humas dan Admisi oleh Bu Yukanita R. Dewi, S.Sos selaku Kepala Bagian Humas dan Admisi. Kemudian persentasi dari Tim Pengabdian Masyarakat oleh Pak Ferdi.
Lalu pemaparan dari Tim Unit Pengembangan Bisnis (UPB) Bu Kurnia Fitriani, M.Si. selaku Ketua UPB. Pemaparan Tim Kerjasama oleh Bu Christin. Pemaparan Tim Information Technology oleh Pak Lim Seng. Pemaparan Tim Personalia oleh Bu Elisabeth Sudarmi, SE., MM. selaku Kepala Bagian Personalia. Kemudian ditutup oleh persentasi materi dari Tim Keuangan dan Umum oleh Bu Cecilia Soeprajitno, SE selaku Wakil Rektor II, Bidang Adm. Keuangan dan Umum.
Peserta raker dengan sangat antusias mengapresiasi seluruh kinerja yang sudah dilakukan oleh masing-masing tim melalui berbagai pujian, sanggahan dan masukan. Seluruh peserta berharap dapat saling bekerjasama dan berkontribusi dalam rangka memajukan IBN.

Peserta Raker ke-XXII
Di akhir sesi, Pak Wahyu Wary Pintoko, S.PT, M.Si sebagai ketua Materi Raker IBN yang ke 22 mengucapkan terima kasih atas seluruh kerjasama yang sudah terjalin antar sivitas akademika dalam memajukan IBN hingga saat ini. Secara khusus, Pak Wary mengapresiasi keterlibatan aktif dari seluruh peserta raker yang memperkaya materi dari setiap Tim demi perbaikan IBN yang lebih baik menuju Akreditasi LAM.
“Banyak hal yang sudah kita dapatkan, semoga dari semua yang sudah diberikan membuat IBN lebih siap dalam Akreditasi LAM,” pungkasnya.

Pak Wahyu Wary Pintoko, S.PT, M.Si (kiri) didampingi Pak Novan Yurindera, S.Kom, MM (kanan)