You are currently viewing Pelatihan dan Pengembangan Karir Dosen

Pelatihan dan Pengembangan Karir Dosen

Institut Bisnis Nusantara (IBN) sukses menyelenggarakan Pelatihan dan Pengembangan Karir Dosen terkait “Jenjang Jabatan Akademik” di ruang Amphitheater latani 3 Gedung Pulo Mas IBN pada Rabu (27/4/2022) pukul 10.30 hingga 12.00 WIB.

Pelatihan ini diselenggarakan untuk membekali para Dosen yang memiliki kewajiban untuk melakukan pengembangan karir salah satunya adalah kenaikan Jabatan Akademik/ Pangkat. Acara ini diapresiasi oleh seluruh dosen tetap dan tidak tetap IBN yang dilakukan hybrid (luring dan daring).

Adapun pemateri pada acara ini adalah Dosen Manajemen IBN Albert Budiyanto,S.Kom, MM. Pada kesempatan ini, materi yang dijabarkan diharapkan mampu membantu dosen dalam melakukan pelaporan pelaksanaan Tridarma guna meningkatkan mutu dan kualitas dosen sebagai seorang dosen yang profesional.

Dalam pemaparannya, Pak Budi menghimbau para dosen untuk segera melengkapi persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan pada aplikasi SIJALI.

“Bagi bapak dan ibu mohon diperhatikan data dasar, matakuliah, riwayat pendidikan, Bidang A, Bidang B, Bidang C, Bidang D dan Persyaratan yang dibutuhkan dalam akun SIJALI bapak dan ibu,” ujarnya sambil menunjukkan berbagai rincian data yang harus dilengkapi pada aplikasi SIJALI. 

Dosen Manajemen IBN Albert Budiyanto,S.Kom, MM. memberikan materi pelatihan

Setiap dosen dihimbau Pak Budi untuk memperhatikan SK mengajar dan menyesuaikannya dengan mata kuliah yang diampuh di setiap semester dalam pengisian Bidang A. Selain itu, dosen juga wajib melaporkan penelitian yang sudah dilakukannya dengan melampirkan judul penelitian, link penelitian dan soft file penelitian dalam bentuk PDF pada Bidang B. Kemudian para dosen wajib melaporkan pelaksanaan pengabdian masyarakat pada Bidang C untuk pelaksanaan pengabdian masyarakat dan pada Bidang D untuk pelaporan Pelaksanaan Kegiatan Penunjang Tugas Dosen.

“Kalau ada peer review bapak dan ibu wajib cari yang jabatannya di atas jabatan bapak dan ibu sekarang, misalnya jika Asisten Ahli peer reviewnya Lektor, jika Lektor maka peer reviewnya Lektor Kepala. Nah,, satu jurnal biasanya membutuhkan dua peer review, jadi bapak dan ibu buat peer reviewnya dalam satu format PDF dan disubmit,” ujarnya.

Setelah itu, dibuka sesi tanya jawab untuk semua peserta yang hadir. Para peserta antusias dalam memberikan ragam pertanyaan mulai dari bidang pendidikan, penelitian hingga pengabdian masyarakat. 

Diskusi interaktif antar dosen dan pelatih

Pada kesempatan ini, Rektor IBN Bu Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA dan Wakil Rektor I Bidang Akademik Bapak Dr.Nanang Hoesen, ST, M.TI. mendukung penuh para dosen IBN yang akan mengurus kenaikan kepangkatan demi kesejahteraan dosen yang bersangkutan, mahasiswa dan juga institusi.

Pada akhir pelatihan, Kepala Bagian Personalia Bu Elisabeth Sudarmi, SE., MM. mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pak Budi dalam memberikan pelatihan dan kepada para dosen yang sudah secara aktif terlibat dalam pelatihan. Bu Eli berharap pelatihan yang sudah diberikan dapat segera dilaksanakan.

“Demikan pelatihan kita ya bapak dan ibu. Mari kita siapkan data untuk kenaikan JJA. Bapak dan ibu bisa mulai menyicil data yang wajib dilengkapi dari sekarang agar proses kenaikan jabatan dapat segera diurus demi kemajuan kita bersama,” pungkasnya.

Kepala Bagian Personalia Bu Elisabeth Sudarmi, SE., MM.