Kemahasiswaan » UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi yang menampung minat dan bakat dari seluruh mahasiswa dalam lingkungan sekolah tinggi dimana setiap aktivitas dan dana anggaran dari kegiatan rutinnya akan dikontrol oleh Badan Eksekutif Mahasiswa dan bertanggung jawab pada Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Rektor Institut Bisnis Nusantara.

Ketua UKM/Club dipilih secara langsung oleh anggota UKM/Club bersangkutan, ketua dan anggota dikukuhkan oleh anggota UKM/Club dengan ataupun tanpa pelantikan. Saat ini UKM yang ada di Institut Bisnis Nusantara berjumlah 9 UKM dan 4 Club.

  1. UKM BASKET
    UKM basket rutin mengadakan latihan setiap hari rabu dan jumat di lapangan basket IBN. Untuk pertandingan kita mengikuti LIBAMA dan berada pada Divisi II dan juga sering mengikuti pertandingan seperti LA campus League, BINUS CUP, FE UI CUP. Dan UKM Basket juga sering mengadakan sparing dengan kampus-kampus lain.

  2. UKM SEPAK BOLA
    SALAM OLAHRAGA

    UKM Sepak Bola Institut Bisnis Nusantara berdiri sejak tahun 1994 dengan tujuan untuk mewadahi minat sepak bola dari mahasiswa. Untuk memacu semangat yang dimiliki, UKM Sepak Bola membuat Program Kerja sebagai berikut :

    • Internal : Invitasi Futsal 2011, bulan November 2011, lapangan futsal IBN.
    • Eksternal : LIFUMA (Liga Futsal Mahasiswa), bulan oktober 2011, di GOR ciracas.
      FE UI Cup, bulan april 2012, di Hall basket, Senayan.
    UKM Sepak Bola mengadakan pelatihan rutin setiap hari : selasa & kamis pukul 16.00 s.d selesai.

  3. UKM JURNALISTIK
    Hi… buat kamu-kamu yang suka sama yang namanya nulis cerita, gambar, bertanya ke orang tentang suatu hal, dan suka banget merubah sesuatu dari yang biasa menjadi luar biasa. Gabung aja di UKM Jurnalistik, karena UKM ini adalah tempatnya orang-orang ingin tahu, kreatif, dan ingin menjadi wartawan kampus.

    UKM Jurnalistik terbentuk tanggal 22 November 1996. Dan pada periode 2011-2012, UKM kita ini mempunyai Program Kerja, misalnya :
    • Mading dan Editorial setiap bulannya.
    • Mini Newspaper terbit setiap 3 bulan sekali.
    • Pelatihan Jurnalistik.
    • Kunjungan Media Massa.
    Untuk setiap anggota UKM Jurnalistik memiliki “Kartu Pers” yang berfungsi sebagai identitas wartawan kampus IBN dan sebagai alat pendukung utama dalam meliput suatu kegiatan.

  4. UKM GRAFFITY
    Graffity merupakan salah satu seni lukis yang menggunakan media tembok, kanvas, kertas, dsb. UKM Graffity didirikan oleh mahasiswa/I angkatan 1995.
    Buat kamu-kamu yang punya hobby gambar, dan suka sama yang namanya corat-coret dan melukis gabung aja sama kita-kita di UKM Graffity.

  5. UKM SINATERA
    Program Kerja UKM Sinatera (Periode 2011-2012):
    1. Pelatihan Alam
      Para mahasiswa yang akan menjadi anggota SINATERA dapat berinteraksi secara langsung mengenai praktek dimana teori sebagian besar telah dipelajari pada pelatihan rutin. Adapun Pelatihan Alam ini akan dilaksanakan pada bulan Juni 2011.
    2. Latihan Rutin
      Pencapaian prestasi kerja yang diperlukan sebagai sumber daya manusia yang ahli baik individual maupun Tim. Untuk itu perlu dilakukan pelatihan rutin yang terorganisir dan berkesinambungan dengan membentuk pelatihan yang teratur dan berguna bagi anggota SINATERA. Pelatihan ini dilaksanakan pada bulan Juni, September, Oktober & November 2011.
    3. Sentuhan Seni
      Sentuhan seni merupakan suatu wadah Bagi para anggota SINATERA untuk mengekspresikan kesenian mereka, yang dimana pada acara sentuhan seni merupakan puncak dari pelatihan yang telah dilakukan selama pelatihan rutin maupun pelatihan alam. Dengan kata lain sentuhan seni merupakan sarana hasil dari pelatihan anggota SINATERA, baik itu pada internal lingkungan kampus maupun pihak eksternal dengan cara mengundang mereka untuk terlibat aktif dalam acara sentuhan seni.
  6. UKM IMMAN
    UKM IMMAN adalah sebuah ukm bidang kerohanian islam yang berprinsip pada ajaran Al-qur’an dan Hadits. Tujuan utama adalah mencapai prinsip-prinsip ukm imman STAF KADER, yaitu:
    S : Siddiq (jujur)T : Tabligh (menyampaikan)
    A : Amanah (amanah)F : Fathanah (cerdas)
    K : KreatifA : Aktif
    D : DinamisE : Efektif
    R : Revolusioner 

    PROGRAM KERJA UKM IMMAN:
    1. KAJIMAT (Kajian Jum’at)
      dilaksanakan dihari jum’at khusus untuk para wanita muslimah dan membahas tentang fiqih-fiqih wanita.
    2. KETIMUS (Kreativitas Muslimah)
      untuk meningkatkan kerjasama dan menambah kreatifitas para wanita.
    3. KISS (Kajian islam Semesteran Sekali)
      untuk mengkaji ilmu atau kandungan dalam al-qur’an secara mendalam bersama-sama baik pria maupun wanita.
    4. Seminar Muslimah
      khusus untuk para wanita IBN dan eksternal dengan pembahasan khusus untuk wanita dengan pembicara ternama.
    5. Seminar Umum
      untuk para pria dan wanita baik internal IBN maupun eksternal dengan pembcara ternama seperti ust. Ahmad al-habsy, ust.Jefri albuchari.
    6. Kegiatan di bulan Ramadhan & Halal bihalal
    7. SWITER (Studi Wisata Islam Terpadu)
      Tujuan dari keseluruhan kegiatan IMMAN adalah saling ta’ruf, menjalin silaturahim antar pria (ikhwan) & wanita (akhwat) serta dosen-dosen menuntut ilmu untuk mencapai kesuksesan di dunia & akhirat serta mencapai STAF KADER IMMAN.
  7. UKM NUSAPALA
    Nusapala berdiri pada 7 April 1995 dahulu bernama “IMAPAGS” yaitu Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Gunung Sewu. Karena dahulu nama kampus masih STIE Gunung Sewu, lalu STIE Nusantara, maka nama organisasi kamipun berubah menjadi NUSAPALA yang sampai saat ini, walaupun nama kampus kami telah berubah menjadi Institut Bisnis Nusantara tetapi kami tetap memakai nama organisasi kami yaitu NUSAPALA.

    Organisasi kami bergerak pada bidang adventure, kegiatan penggiat alam bebas dengan menguji adrenalin. Organisasi kami ini sudah berumur 16 tahun, dan sebentar lagi kami akan 17 tahun(sweet seventeen). Pada umur 16 tahun ini sudah banyak hal yang kami lakukan mulai dari ekspedisi gunung di atas ketinggian 3000 MDPL, track record kami sudah mencatat “Gunung Rinjani(Lombok, NTB), Gunung Kerinci(Jambi,Sumbar), Gunung Semeru(Malang, Jatim), Gunung Dempo(Palembang), Gunung Arjuno-Welirang(Surabaya, Jatim), dll. Organisasi kami bukan hanya bergerak dalam bidang mountenering saja, tetapi kami juga bergerak di bidang panjat tebing(Rock Climbing), dan Olah raga arus deras(ORAD).

    Selain itu kami juga punya kegiatan sosial seperti “Sahur On the Camp”, yaitu kegiatan yang mengundang anak yatim piatu untuk sahur sahur bersama organisasi kami. Dan kami sebagai organisasi penggiat alam bebas juga mempunyai materi-materi yang harus di mengerti dan di pahami oleh setiap anggota kami, agar dapat mengatasi kondisi apapun di alam, maka dari itu dari organisasi kami selalu membuka pendidikan bagi sapa saja yang ingin bergabung dengan kami.

    Sistem pendidikan kami melalui beberapa tahap, yaitu tahap pertama Gladi medan 1 yaitu pengenalan tentang gunung hutan, dilanjut Gladi medan 2 yaitu tentang ilmu Navigasi dan Survival, dan Dikalat yaitu pendidikan dan pelantikan anggota baru Nusapala.

    Organisasi pecinta alam juga mempunyai link yang sangat banyak, pasti setiap kampus di provinsi manapun mempunyai organisasi pecinta alam provinsi manapun.

  8. UKM KMK
    Keluarga mahasiswa Katolik adalah sebuah wadah atau sarana bagi mahasiswa-mahasiswi Katolik Institut Bisnis Nusantara untuk memperdalam imannya kepada Tuhan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya.
    KMK mempunyai misi dan visi untuk menjadikan mahasiwa-mahasiwi Katolik yang selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap aktivitasnya. Selain itu, KMK ingin membangun dan memperkokoh tali persaudaraan dengan setiap orang. Adapun kegiatan-kegiatan UKM KMK adalah sebagai berikut :
    1. MISA PENYAMBUTAN MAHASISWA BARU
      Tujuan dari misa penyambutan Mahasiswa Baru adalah suatu bentuk syukur dari keluarga Mahasiswa Katholik kepada Tuhan atas masuknya anggota baru dalam KMK. Di sisi lain, kegiatan ini bertujuan sebagai penyambutan dan pendekatan kepada mahasiswa baru khususnya Mahasiswa Katholik untuk bergabung dalam UKM KMK.
    2. ZIARAH DAN REKREASI
      Program kerja ini kami buat pada dasarnya untuk memfasilitasi mahasiswa Katholik dalam mempertebal iman dengan melakukan ibadah jalan salib mengenang sengsara dan wafat Yesus Kristus. Selain itu juga sebagai sarana berdoa bersama untuk mempertebal tali persaudaraan seluruh mahasiswa Katholik Institut Bisnis Nusantara.
    3. NATAL
      Perayaan natal selalu diadakan tiap tahun guna merayakan kelahiran Yesus Kristus ke dunia. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk sukacita mahasiswa-mahasiswi katolik atas berkat yang Tuhan berikan selama setahun penuh.
  9. UKM PMK
    Shalom teman2..
    Selamat datang di “PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN INSTITUT BISNIS NUSANTARA..” Kita ada 5 proker nih tahun ini:
    1. Loyal to Pray
      Kita mau berdoa bersama untuk sesama mahasiswa, keluarga, kuliah, kampus dan Negara.
      Diadain tiap Senin-kamis pkl. 17.30-18.00 di UKM PMK :)
    2. Persekutuan Jumat
      Ada ibadah, sharing, games dan kesaksian2 dari teman2 PMK yang bakalan bikin kita makin dekat 1 dengan yang lainnya. Tiap hari Jumat ya, jam 11.30-13.00 di ruang 107.
    3. Retreat
      Retreat tahun ini bakalan diadain pada tanggal 14-16 Oktober di villa bukit Zaitun. Temanya “I’M GOD’S MASTERPIECE” Ada 4 sesi, games, talent night , outbond dan sharing. Ikut ya teman2 :D
    4. Natal
      Memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Bulan Desember di Graha Nusantara Lt.4
    5. Paskah
      Memperingati kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dan sekaligus memperkuat tali persaudaraan sesama mahasiswa

» kembali ke atas